bahan bahan kimia

Jual Alkohol 70% dan Alkohol 96%

Alkohol adalah kelompok senyawa yang mengandung satu atau lebih gugus fungsi hidroksil (-OH) pada suatu senyawa alkana. Alkohol dapat dikenali dengan rumus umumnya R-OH. Alkohol merupakan salah satu zat yang penting dalam kimia organik karena dapat diubah dari dan ke banyak tipe senyawa lainnya.

Manfaat dan Penggunaan Akohol

a. Metanol
Dalam industri metanol dapat dibuat menjadi formaldehid yang digunakan untuk mensintesa bahan kimia lain. Metanol digunakan sebagai pelarut dan sebagai bahan bakar bersih. Metanol Mungkin juga mempunyai kegunaan baru dalam bidang pertanian. Berbeda dengan alkohol pada minuman, metanol tetap beracun meskipun dalam jumlah kecil. Gejala keracunan metanol seperti kebutaan karena metanol menyerang syaraf penglihatan. Ia juga bisa dapat berakibat kematian.

b. Etanol
Pada kebanyakan orang dewasa metabolisme tubuh dapat mencerna sejumlah kecil etanol dengan tingkat keracunan yang rendah. Etil alkohol pada umumnya disebut dengan alkohol padi-padian atau alkohol minuman karena umumnya dihasilkan dari fermentasi gula alam dan tepung yang dihidrolisis yang terdapat pada anggur dan padi-padian.

Seseorang dengan konsentrasi alkohol dalam darahnya mencapai 0,3%
jelas terlihat mabuk; mereka yang mencapai 0,4% tidak sadar atau tidak
mampu merespon tindakan; dan konsentrasi 0,5% – 1% dapat menyebabkan
koma maupun kematian.

c. Spiritus
Spiritus merupakan salah satu jenis alkohol yang banyak digunakan
dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan bakar lampu spiritus (pembakar
spiritus) dan untuk menyalakan lampu petromak. Di laboratorium pembakar
spiritus digunakan untuk uji nyala.

d. Glikol
Glikol merupakan alkohol dihidrat. Senyawa yang paling penting dari jenis senyawa ini adalah etilen glikol atau dalam tata nama IUPAC disebut dengan 1,2-etanadiol. Senyawa ini dijadikan bahan baku utama pada campuran anti beku permanen untuk radiator pada kendaraan bermotor. Etilen glikol adalah cairan yang manis, tidak berwarna, dana kalau disentuh agak lengket.

Glikol mempunyai titik didih yang tinggi sekitar 198o C dan ia tidak menguap jika dipakai sebagai zat anti beku. Senyawa alkohol ini juga mudah bercampur dengan air. Etilen glikol juga digunakan pada pembuatan fiber poliester (dacron) dan mylar (film magnetik) yang digunakan untuk pita pada kaset dan komputer.

Gliserol
Senyawa alkohol ini juga disebut dengan gliserin. Gliserol merupakan senyawa alkohol trihidrat. Gliserol berbentuk cairan manis seperti sirup. Ia memiliki sifat tidak beracun. Karena sifatnya yang tidak beracun inilah kemudian senyawa alkohol ini banyak digunakan dalam berbagai industri meliputi:

– Pembuatan kosmetik dan lotion tangan.
– Bahan tambahan dalam tinta
– Bahan pemanis dan pelarut pada obat-obatan
– Industri Pelumas
– Bahan dasar industri plastik dan fiber sintetik.
– Bahan baku pembuatan nitrogliserin.

Untuk anda yang membutuhkan alkohol 70 % dan 96% silahkan menghubungi kami. Kami menyediakan banyak stock alkohol yang bisa anda gunakan untuk kegiatan industri anda.

 

 

 

 

 

sumber  : sini

 

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *