You are currently viewing Mengenal Kegunaan Asam Chlorida HCL 32 % di Industri dan Kehidupan

Mengenal Kegunaan Asam Chlorida HCL 32 % di Industri dan Kehidupan

Dalam bidang industri maupun kehidupan sehari-hari, tidak pernah lepas dari kegunaan bahan kimia. Salah satunya yakni Asam Chlorida HCL 32 %.

HCL atau singkatan dari Hydrochloric Acid merupakan larutan akuatik yang berasal dari gas hidrogen klorida atau HCI. Sedangkan asam chlorida atau asam klorida merupakan larutan jernih dan tidak berwarna dari hidrogen klorida dalam air.

Kegunaan Asam Chlorida HCL 32%

Asam klorida ini bersifat sangat korosif. Pasalnya, merupakan asam mineral kuat yang banyak kita gunakan dalam bidang industri maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini informasi selengkapnya.

  1. Sebagai Pembersih Rumah Tangga

Kegunaan asam chlorida pertama kali yakni sebagai pembersih rumah tangga. Karena memiliki kandungan korosif, asam chlorida dapat kita manfaatkan untuk membersihkan perabotan maupun peralatan rumah tangga.

Tak heran, bila kandungan asam chlorida ini bisa kita jumpai dalam produk-produk pembersih rumah tangga. Misalnya saja seperti pembersih lantai, pembersih toilet, pembersih porselen, hingga maupun produk pembersih lainnya.

  1. Berguna Sebagai Produksi Baja

Asam chlorida HCL 32% ini juga berguna sebagai produksi baja. Dengan kata lain, asam chlorida ini berfungsi sebagai bahan campuran.

Pembuatan besi yang menggunakan asam chloride ini akan lebih awet dan tidak mudah berkarat. Baja yang memiliki kandungan asam chlorida akan lebih lama dalam penggunaannya.

Proses pembuatan baja dengan campuran asam chlorida ini bisa kita sebut dengan pickling process. Baya yang mengandung campuran asam chlorida, banyak digunakan sebagai bahan bangunan maupun konstruksi.

  1. Berguna untuk Sanitasi Kolam Renang

Dalam sanitasi kolam renang, juga tak pernah lepas dengan asam chlorida. Sanitasi kolam renang ini merupakan upaya untuk menjamin air dalam kolam renang tersebut benar-benar bersih dan aman.

Asam chloride mampu menjaga kadar pH dalam air kolam renang tetap stabil dan aman. Dengan begitu, kadar klorin maupun kaporit tetap terjaga dengan baik.

Tak hanya sanitasi kolam renang, asam chlorida yang berfungsi untuk pengaturan tingkat keasaman ini, juga dapat mengatur pH pada air limbah.

  1. Menghilangkan Salju

Bagi negara-negara yang memiliki musim salju, biasanya menggunakan asam klorida ini sebagai campuran dengan garam. Hal ini bertujuan supaya dapat menghilangkan salju yang menumpuk. Terutama salju di jalanan, jembatan, maupun tempat umum lainnya.

Kegunaan Lain Asam Chlorida HCL 32%

Selain keempat kegunaan tersebut, asam chloride juga dapat digunakan untuk beberapa hal lainnya. Misalnya, untuk proses pengolahan kulit.

Selain itu, juga berfungsi sebagai bahan baku pembuatan senyawa fluorocarbon. Seperti halnya, tetrafluoroethene, monomer dari poly, dan lain sebagainya.

Asam chloride ini juga berguna dalam proses pembuatan senyawa anorganik, seperti alumunium klorida. Selain itu, juga berfungsi dalam proses produksi magnesium maupun titanium.

Distributor HCL 32 Percent

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Asam Chlorida HCL 32%

Sejatinya, asam chlorida ini merupakan salah satu bahan kimia yang bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif murah. Biasanya, harganya berkisar antara Rp 1.234 hingga Rp 1500 per kilogram.

Dengan kadar sebanyak 32% ini biasanya dalam jenis kemasan tangki berkapasitas 10.000 liter. Setiap produk yang memiliki kandungan asam chlorida, ada baiknya untuk selalu berhati-hati.

Terutama dalam penggunaannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika asam chlorida merupakan asam yang kuat dan sangat korosif.

Jangan sampai kontak atau terkena langsung dengan kulit kita, terutama mata. Tak hanya itu saja, asam chlorida ini juga cukup berbahaya jika terhirup.

Pasalnya, dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Ketika selesai menggunakan asam chlorida ini juga tidak boleh sembarangan dalam membuangnya begitu saja.

Baik itu bekas kemasan maupun sisa asam chlorida yang sudah tidak kita gunakan. Sebab, sisa atau bekas asam chlorida ini termasuk ke dalam limbah bahan kimia B3.

Untuk itulah, kita perlu mengikuti petunjuk yang tertera dalam MSDS-nya. Sehingga, kita dapat membuang asam chlorida tersebut dengan tepat tanpa mencemari maupun merusak lingkungan.

Asam chlorida HCL 32% ini bisa kita dapatkan di toko-toko terdekat maupun dijual secara online melalui marketplace. Sebelum menggunakannya, pastikan membeli asam chlorida dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, kegunaan asam chlorida tersebut akan semakin maksimal.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply