You are currently viewing Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia Sodium Hypochlorite NaOCI

Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia Sodium Hypochlorite NaOCI

Dalam bidang industri maupun kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakan berbagai macam bahan kimia. Salah satunya adalah bahan kimia Sodium Hypochlorite NaOCI.

Sodium Hypochlorite atau sodium hipoklorit atau bisa kita sebut natrium hipoklorit merupakan senyawa kimia dengan rumus NaOCI. Dalam senyawa kimia ini terdapat kation atau ion positif natrium, anion atau ion negative hipoklorit.

Ketika berada dalam kondisi murni, maka sodium hypochlorite ini akan bersifat basa, atau memiliki pH sekitar 13. Selain itu, juga bersifat korosif, sehingga ketika tidak sengaja terkena kulit dapat membakar kulit.

Kegunaan Bahan Kimia Sodium Hypochlorite NaOCI

NaOCI merupakan bahan kimia yang sangat akrab dengan kehidupan manusia setiap harinya. Bahkan, menjadi salah satu bahan kimia industri yang digunakan untuk membuat berbagai macam produk. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan kegunaan NaOCI.

  1. Sebagai Bahan Pemutih

Sodium hypochlorite merupakan salah satu bahan kimia yang dijadikan campuran pembuatan pemutih. Dalam penggunaan rumah tangga, pemutih baju umumnya memiliki kandungan sodium hypochlorite sebanyak 5%.

Sedangkan pada kebutuhan industri, penggunakan pemutih ini memiliki kandungan sodium hypochlorite yang lebih tinggi, yakni berkisar antara 10 hingga 15%.

  1. Sebagai Disinfeksi

Bahan kimia sodium hypochlorite NaOCI ini juga berfungsi sebagai disinfeksi. Sodium hypochlorite yang terdapat dalam larutan memperlihatkan aktivitas antimikroba pada spektrum luas.

Hal inilah yang kemudian membuat sodium hypochlorite banyak kita gunakan dalam fasilitas perawatan kesehatan. Umumnya, bahan kimia tersebut kita encerkan menggunakan air sesuai dengan penggunaannya.

Salah satu kegunaan sodium hypochlorite dalam bidang kesehatan yakni untuk mendisinfeksi area yang terkontaminasi dengan cairan tubuh. Hal ini bisa berkaitan dengan tumpahan darah dalam jumlah banyak.

Kemudian, campuran sodium hypochlorite dengan kadar yang cukup rendah yakni berkisar antara 0,5% hingga 5,25% digunakan untuk perawatan gigi. Dalam terapi endodontic, sodium hypochlorite ini mampu melawan patogen pada gigi.

Ketika memiliki konsentrasi yang rendah, maka sodium hypochlorite ini akan melarutkan jaringan nekrotik. Sedangkan ketika memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, maka sodium hypochlorite ini akan melarutkan jaringan vital maupun spesies bakteri lainnya.

  1. Sebagai Pembersih

Kegunaan lainnya dari bahan kimia sodium hypochlorite NaOCI ini sebagai pembersih. Sodium hypochlorite bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan noda jamur, noda gigi, maupun noda yang terdapat pada peralatan makan.

Terutama bekas atau noda yang disebabkan oleh zat tanin dalam teh. Tak hanya itu saja, pada dasarnya sodium hypochlorite ini memiliki sifat merusak.

Selain sebagai pembersih permukaan, bahan kimia ini juga digunakan dalam pembuatan deterjen. Umumnya, oksidasi dan hidrolisis dapat mengakibatkan efek pemutihan, pembersihan, penghilang bau, hingga kaustiknya.

Kotoran organic yang terkena sodium hypochlorite ini mudah larut dalam air dan tidak menguap. Dengan begitu, kita semakin mudah menghilangkan kotoran maupun noda beserta baunya.

  1. Berguna untuk Pengolahan Air Limbah

Bahan kimia sodium hypochlorite NaOCI, juga berguna untuk mengelola limbah sianida encer. Sebagai contoh adalah limbah electroplating.

Sodium hypochlorite ini telah digunakan untuk mengelola limbah sianida yang memiliki konsentrasi lebih pekat. Misalnya saja seperti larutan perak sianida pelapis.

Tak hanya itu saja, umumnya sodium hypochlorite ini juga bisa kita gunakan sebagai biosida. Dalam bidang industri, berfungsi untuk mengontrol pembentukan lendir maupun bakteri dalam sistem air.

Hal ini sering kita jumpai pada pembangkit listrik, pabrik pulp dan kertas, maupun pabrik lainnya. Biasanya, sodium hypochlorite ini digunakan sebanyak 10 hingga 15%.

Sodium hypochlorite ini memiliki kekuatan yang bervariasi antara satu formula dengan formula lainnya. Semakin lama penyimpanan sodium hypochlorite ini, maka kekuatannya akan semakin menurun.

Selain itu, sodium hypochlorite ini juga mempunyai dampak lingkungan yang terbatas. Pasalnya, bahan kimia ini terdegradasi dalam waktu yang cepat sebelum berdampak buruk pada makhluk hidup. Sejatinya, bahan kimia ini bisa terbentuk selama penyimpanan maupun penggunaan rumah tangga dan penggunaan industry.

Meskipun begitu, dalam penggunaan bahan kimia sodium hypochlorite NaOCI ini tetap kita perhatikan. Pasalnya, sodium hypochlorite ini cenderung membentuk senyawa organic terklorinasi yang mampu bertahan lama. Hal ini dapat bersifat karsinogen yang nantinya terserap oleh organisme lain serta masuk dan mempengaruhi rantai makanan.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply