You are currently viewing Mengenal Sodium Klorida, Zat Sejenis Elektrolit dengan Berbagai Fungsi!

Mengenal Sodium Klorida, Zat Sejenis Elektrolit dengan Berbagai Fungsi!

Sodium klorida atau natrium chloride merupakan sebuah nama kimia untuk garam. Senyawa ini memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh manusia. Sebab sodium klorida juga termasuk mineral dan nutrisi yang mengandung natrium dan terbentuk secara alami.

Natrium merupakan elektrolit yang memiliki peran penting untuk mengatur jumlah cairan yang ada dalam tubuh. Kemudian juga bisa mengendalikan impuls saraf dan juga kontraksi otot.

Natrium dapat kita jumpai pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Antara lain terdapat pada sayuran, buah-buahan, dan jenis makanan yang lainnya.

Kenali Apa itu Sodium Klorida

Sodium chloride atau NaCl banyak dikenal dengan sebutan garam. Senyawa ini memiliki sifat anorganik. Yaitu senyawa ini terbentuk dari sodium dan klorida yang membentuk kristal dengan warna putih.

Sodium klorida yang banyak dikenal sebagai garam dapur biasanya sering digunakan untuk konsumsi atau keperluan rumah tangga sehari-hari. Adapun untuk NaCl sering dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan medis.

Tubuh manusia membutuhkan asupan NaCl dengan jumlah yang sesuai, jadi tidak bisa kekurangan ataupun berlebihan.

Manfaat Sodium Klorida

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari senyawa ini. Baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk kebutuhan secara medis. Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah sebagai berikut!

Kebutuhan Masakan

Sebagian besar jenis masakan tentunya akan menggunakan garam sebagai bumbu utama dalam resepnya. Dalam masakan, garam juga memiliki peran yang cukup penting dalam hal warna. Sebab, garam mampu mengeluarkan warna alami makanan sehingga bisa terlihat lebih menggoda.

Misalnya saja saat Anda memasak sayuran hijau. Garam bisa membuat warna sayuran tersebut tampak lebih cerah meskipun sudah dimasak matang.

Tidak hanya sebagai bumbu saja, garam juga dapat Anda jadikan sebagai pengawet alami supaya makanan tidak gampang rusak. Tak heran jika banyak orang yang menggunakan garam untuk merendam daging sebelum dimasak supaya bisa menjadi lebih empuk.

Kebutuhan Rumah Tangga

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari sodium chloride selanjutnya yaitu untuk kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan rumah tangga yang didalamnya terdapat kandungan senyawa ini yaitu dari produk pembersih peralatan masak. Sebab, senyawa ini bisa mencegah munculnya jamur dan juga menghilangkan noda dengan lebih cepat.

Kebutuhan Medis

Nah, dalam dunia medis, jika dokter menuliskan resep penanganan dengan menggunakan garam, itu artinya gara yang dipakai yaitu sodium klorida. Pada saat NaCl dicampur bersama dengan air, maka akan terbentuk saline solution.

  • Pemakaian saline solution secara medis antara lain yaitu:
  • Cairan intravena menjadi solusi untuk masalah dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.
  • Suntikan cairan saline biasanya dipakai untuk membilas kateter atau cairan intravena sesudah selesai dipakai.
  • Membersihkan luka supaya menjadi lebih steril.
  • Obat tetes mata untuk mengatasi masalah mata merah dan kering.
  • Irigasi hidung untuk melembabkan rongga hidung dan melegakan pernapasan.
  • Inhalasi sodium chloride untuk memancing keluarnya dahak.

Perlu Anda tahu, penggunaan NaCl untuk kebutuhan medis tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Semua itu hanya boleh dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

Peran Sodium Klorida Bagi Tubuh

Menjadi zat yang juga dikenal sebagai garam, senyawa ini memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh. Berikut adalah peran sodium chloride untuk tubuh manusia!

  • Menjaga tekanan darah dalam tubuh
  • Menyerap serta mengangkut nutrisi
  • Menjaga keseimbangan cairan pada tubuh
  • Mengendurkan otot
  • Mengirimkan sinyal saraf

Agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, maka tubuh membutuhkan garam atau sodium klorida ini. Akan tetapi, jika tubuh terlalu banyak kadar garam maka bisa jadi membahayakan kesehatan. Berbagai macam manfaat tersebut bisa Anda dapatkan apabila kadar garam tubuh yang cukup dan seimbang.

Efek Samping

Tidak berbeda dengan zat lain, pemakaian sodium klorida juga bisa menimbulkan efek samping. Namun, reaksi yang dihasilkan tentunya berbeda-beda sesuai dengan obat, usia, serta daya tahan tubuh tiap-tiap orang.

Paparan sodium chloride yang terlalu banyak bisa membuat seseorang merasakan mual, muntah, sakit perut, dan lain sebagainya.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi garam juga juga mempu meningkatkan risiko sejumlah penyakit, antara lain:

  • Jantung
  • Gangguan ginjal
  • Darah tinggi
  • Pembengkakan, dll

Maka dari itu, pastikan kandungan sodium klorida dalam tubuh Anda memiliki jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan. Dengan begitu, kinerja tubuh Anda bisa menjadi lebih baik.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply