You are currently viewing Asam Klorida Alami dan Buatan, Ini Ragam Manfaatnya dalam Kehidupan!

Asam Klorida Alami dan Buatan, Ini Ragam Manfaatnya dalam Kehidupan!

Asam Klorida atau yang terkenal dengan nama HCl merupakan bahan kimia berupa larutan gas hidrogen klorida berbasis air encer. Manfaat HCl dalam kehidupan manusia cukup berarti. Anda dapat menemukan pemakaiannya dalam keseharian Anda. Pasalnya, pada dasarnya HCl tersebut terbagi jadi 2 jenis, yakni alami dan buatan.

Asam Klorida Alami dan Buatan, Ini Perbedaannya!

HCl alami merupakan larutan gas yang terdapat di dalam lambung. Sehingga, lambung seseorang akan memproduksi HCl tersebut secara alami. Ya, senyawa itu jadi komponen utama di dalam asam lambung.

Walaupun HCl alami di dalam lambung bersifat korosif, namun tubuh Anda memproduksi lapisan lendir. Hal tersebut fungsinya adalah untuk melindungi dinding lambung, Dengan begitu, dinding lambung tidak gampang terkikis oleh senyawa HCl tersebut.

Lain halnya dengan HCl alami yang diproduksi di dalam tubuh manusia, asam klorida buatan merupakan senyawa yang diciptakan oleh manusia. Caranya yakni dengan mencampurkan sejumlah bahan kimia di dalamnya, seperti asam sulfat, natrium klorida, sampai hidrogen.

Untuk menciptakan HCl buatan, diproses melalui beberapa metode yang tidak sama. Seluruhnya tergantung dari jenis komersial maupun kebutuhan industrinya. HCl buatan ini bisa saja sangat membahayakan.

Dengan begitu, saat menggunakan harus sesuai dengan takaran maupun komposisi yang semestinya. Sehingga, senyawa HCl ini memang tidak boleh sembarangan ketika hendak memakainya.

Manfaat Senyawa HCl

Ada begitu banyak manfaat senyawa HCl di dalam kehidupan manusia. Mulai dari untuk kebutuhan berbagai industri sampai bagi kesehatan tubuh maupun kulit. Beberapa kegunaan senyawa HCl tersebut, dapat Anda lihat langsung berikut ini!

Sebagai Produksi Baja

Fungsi HCl buatan yang pertama yaitu sebagai bahan campuran pada produksi baja. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan baja agar tidak berkarat.

Sehingga, baja yang terdapat kandungan HCl-nya memang bakal lebih tahan terhadap karat. Baja dengan campuran asam kloridanya banyak dipakai sebagai bahan bangunan serta konstruksi.

Pembersih Rumah Tangga

HCl mengandung korosif yang dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan perabotan sampai peralatan rumah tangga. Banyak berbagai produk pembersih rumah tangga yang mengandung senyawa HCl ini. Misalnya, pembersih tilet, pembersih porselen, dan pembersih lantai.

Untuk Sanitasi Kolam Renang

Kegunaan senyawa HCl buatan berikutnya yaitu bisa Anda Pakai untuk sanitasi kolam renang. HCl mampu menjaga keasaman atau pH air kolam renang supaya tetap stabil. Dengan begitu, kadar klorin atau kaporitnya pun tetap terjaga.

Untuk Produksi Kalsium Klorida

Mencampur senyawa HCl dengan batu kapur dapat menghasilkan kalsium klorida. Di negara-negara yang punya musim salju, penggunaan kalsium klorida ini adalah sebagai campuran dengan garam. Kemudian ditaburkan guna menghilangkan salju yang menumpuk di sepanjang jalan. Kalsium klorida pun dapat bermanfaat sebagai zat untuk mencegah antimikroba di produk olahan makanan.

Untuk Pengolahan Pangan

Kegunaan asam klorida berikutnya yaitu dapat Anda pergunakan untuk pengolahan pangan. Pastinya, jumlah pemakaian HCl ini sangat sedikit. Dengan begitu tetap aman untuk dikonsumsi.

Berbagai makanan yang pengolahannya menggunakan tambahan HCl antara lain sereal, saus tomat, biskuit, sirup jagung, dan makanan ringan yang lainnya.

Untuk Mencerna Makanan

HCl alami maupun buatan juga punya manfaat bagi kesehatan tubuh serta kulit. Salah satunya yaitu untuk mencerna makanan. HCl alami memang berperan penting bagi sistem pencernaan manusia, terlebih pada bagian lambung.

HCl alami punya kemampuan untuk memecah serta mencerna makanan yang terdapat di dalam lambung. Sehingga, makanan lebih gampang diolah dan tubuh pun mampu menyerap nutrisinya dengan baik.

Menghilangkan Bakteri dan Virus

Kegunaan asam klorida alami di dalam sistem pencernaan juga membantu membunuh bakteri serta virus dalam lambung. Ya, adanya virus serta bakteri di lambung dapat berefek pada kesehatan tubuh seseorang.

Anda bisa saja terkena infeksi sampai masalah pencernaan yang lain. Hal tersebut lantaran terdapat virus serta bakteri yang masuk ke dalam lambung melalui makanan yang dikonsumsi.

Bantu Sembuhkan Luka

Bagi kesehatan kulit, HCl buatan juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Seperti luka akibat benda tajam maupun tumpul, serta luka bakar. HCl untuk menyembuhkan luka tersebut biasanya dapat Anda jumpai pada salep.

Menghidrasi Kulit

HCl ternyata juga dapat menghidrasi kulit yang kering. Biasanya, HCl tersebut bakal dicampurkan pada produk kecantikan. Sebagaimana jurnal penelitian yang bertajuk “Efficacy of a New Topical Nano-hyaluronic Acid in Humans”. Jurnal tersebut menerangkan mengenai kegunaan HCl bagi kesehatan kulit, termasuk menghidrasi serta memelihara elastisitas kulit.

HCl ini dapat Anda jumpai pada produk kecantikan. Mulai dari krim, serum, toner, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi berbagai manfaat HCl baik alami maupun buatan. Pemakaian HCl ini mesti Anda lakukan secara hati-hati. Sebab, zat satu ini sifatnya korosif. Asam klorida yang warnanya bening serta cair ternyata juga cukup beracun. Bahan kimia tersebut bahkan bisa menyebabkan

(Visited 28 times, 1 visits today)

Leave a Reply