You are currently viewing Pengertian dan Manfaat Methanol untuk Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian dan Manfaat Methanol untuk Kehidupan Sehari-Hari

Methanol atau yang sering disebut metil hidrat merupakan sebuah senyawa berbentuk cairan bening dengan bau yang menyengat seperti alkohol. Senyawa ini memang merupakan turunan alkohol yang paling sederhana, namun penggunaannya bisa dengan mudah ditemukan pada kebutuhan sehari-hari seperti pada plastik, bahan bakar hingga kosmetik.
Senyawa satu ini juga kerap disebut sebagai wood alcohol karena pembuatannya yang melalui proses penyulingan kayu dengan mengombinasikan antara gas karbon monoksida dan hidrogen dengan adanya katalis. Di negara Indonesia sendiri pembentukan senyawa ini biasanya menurut gasifikasi batubara maupun sintesis dari gas alam.
Selain itu, senyawa ini juga bisa terbentuk secara alami melalui metabolisme anaerob dari bakteri. Metabolisme tersebut akan menghasilkan uap metanol dalam jumlah kecil yang setelah beberapa saat akan teroksidasi menjadi cairan melalui sinar matahari dan oksigen.
Manfaat Methanol
Metil hidrat mudah larut dengan air sehingga bisa terserap dalam organ manusia seperti kulit, mata, paru-paru hingga sistem pencernaan. Akan tetapi paparan zat ini sangat berbahaya karena bisa mengarah pada kematian, apalagi jika terserap maupun dikonsumsi.
Meskipun tergolong zat yang beracun dan berbahaya bagi manusia, namun senyawa methanol ini diperlukan untuk kebutuhan industri. Turunan murninya bisa membentuk zat warna sintetis, obat-obatan, parfum, resin hingga bahan bakar beroktan tinggi yang nantinya bisa menjadi pengganti bensin bagi kendaraan bermotor.
Mungkin sebagian dari Anda merasa bahwa nama zat ini mirip dengan etanol, meskipun begitu keduanya berbeda. Keduanya mungkin memang sama-sama alkohol akan tetapi etanol terbuat dari pati dan gula yang terfermentasi seperti alam biji-bijian. Semnatara itu methanol terbuat dari batu bara, biomassa dan juga gas alam.
Selain itu struktur keduanya juga sedikit berbeda serta memiliki sifat yang sangat berbeda. Jika etanol merupakan bentuk alkohol yang bisa diminum sedangkan metil hidrat akan sangat berbahaya jika dikonsumsi, bahkan bisa menyebabkan kematian.
Metil hidrat memiliki berbagai manfaat dan fungsi untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah penjelasannya:
Bahan Bakar
Setengah dari pemanfaatan metil hidrat di dunia berhubungan dengan energi. Metil hidrat memiliki manfaat sebagai bahan bakar kendaraan bermotor maupun kapal laut. Kandungan methyl tertiary butyl ether yang terkandung di dalamnya bahkan juga memiliki emisi lebih rendah daripada bahan bakar konvensional. Methanol ini juga merupakan salah satu bahan biodiesel, yaitu jenis energi terbarukan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan.
Sebagai Antibeku
Metil hidrat memiliki sifat kimia yang memungkinkannya untuk menurunkan titik beku cairan berbasis air serta meningkatkan titik didihnya. Karena itu zat ini bermanfaat sebagai anti beku dalam sejumlah mesin atau alat. Misalnya yaitu sebagai bahan tambahan dalam cairan pencuci kaca mobil untuk mencegahnya membuka. Kemudian zat ini juga bisa disuntikkan dalam pipa gas alam untuk menurunkan titik beku air selama perpindahan minyak dan gas.
Pemanas
Methanol juga bisa menjadi bahan bakar pembakaran bersih untuk boiler industri yang akan menghasilkan panas dan uap, kiln. yang bermanfaat untuk memproduksi keramik, berbagai makanan serta tembakau kering. Selain itu zat ini juga bisa digunakan untuk bahan bakar tungku atau kompor. Transisi bahan bakar ini akan berdampak positif bagi kualitas udara dan juga kesehatan manusia disekitarnya.
Bahan Pangan
Metil hidrat sebenarnya juga terkandung dalam beberapa jenis makanan termasuk buah dan sayur. Namun keberadaannya tersebut akan membantu sistem pencernaan manusia dalam membantu metabolisme makanan. Oleh karena itu, metil hidrat juga berfungsi dalam pabrik pengolahan limbah sebagai pelarut serta sebagai sumber makanan berbasis karbon untuk bakteri denitrifikasi.
Pelarut
Manfaat selanjutnya dari zat ni yaitu sebagai pelarut dalam pembuatan resin, perekat, tinta dan juga pewarna. Selain itu zat ini juga bermanfaat sebagai pelarut dalam proses pembuatan produk farmasi seperti vitamin, hormon, streptomisin dan juga kolesterol.
Itulah beberapa manfaat dari methanol untuk berbagai keperluan. Meskipun memiliki banyak manfaat tentu dalam menggunakannya Anda harus selalu berhati-hati. Jika Anda hendak melakukan kontak dengan metil hidrat pastikan bahwa Anda juga memiliki alat penunjang keamanan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.
Keyword: Methanol

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply